museum joang 45Betapa heroiknya para pahlawan saat merebut kemerdekaan bisa dilihat dari berbagai kenangan yang mereka wariskan kepada anak cucu. Salah satu tempat yang menggambarkan hal itu adalah Museum Joang ’45 yang terletak di jalan Menteng Raya No.31 Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat.

Museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1974. Museum yang juga sering disebut dengan Gedung Joang’45 ini dulunya merupakan sebuah hotel yang dibangun pada tahun 1920-an dan dikelola oleh keluarga L.C. Schomper, seorang kebangsaan Belanda yang lama tinggal di Batavia. Nama hotel itu sendiri diberi nama sama dengan nama pemiliknya yakni Hotel Schomper. Hotel ini sangat terkenal pada masa itu dengan bangunan utama berada di tengah-tengah tampak megah sedangkan dikedua sisinya deretan bangunan berupa kamar-kamar penginapan. Namun kamar-kamar penginapan tersebut saat ini tinggal beberapa saja seperti yang saat ini dipergunakan sebagai ruang perpustakaan, ruang kreativitas anak, dan kantor Wirawati Catur Panca yakni yang berada disisi utara gedung utama.

museum joang 45Pada masa pendudukan Jepang tahun 1942 hingga 1945 hotel tersebut diambil alih oleh para pemuda Indonesia dan berubah fungsi menjadi sebuah kantor yang dikelola oleh Ganseikanbu Sendenbu (sebuah jawatan propaganda Jepang), yang saat itu dipimpin oleh Simizu. Pada tahun itu pula pemuda-pemuda Indonesia mendapat program pendidikan politik yang sepenuhnya dibiayai oleh pihak Jepang dan gedung ini menjadi bagian dari kegiatan tersebut.

Saat ini Gedung Joang ’45 berfungsi menjadi museum yang dikelola oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Beberapa fasilitas yang dapat dinikmati para pengunjung museum diantaranya adalah :

  • Ruang pameran tetap dan temporer dengan pojok multi media.
  • Bioskop Joang ’45 sebagai media penayanngan film-film dokumenter dan film perjuangan lama
  • Perpustakaan referensi sejarah ilmiah, dan juga komik-komik perjuangan untuk anak
  • “Children room”, ruangan yang disediakan khusus bagi anak-anak yang dilengkapi dengan game komputer pahlawan, mewarnai, “puzzle” dan juga permainan “knock down
  • Foto studio, bagi Anda yang ingin berfoto dan menggenakan pakaian pejuang masa perjuangan
  • Souvenir shop
  • Plaza untuk aktivitas outdoor yang berupa teater anak

Paket wisata yang disediakan oleh pengelola agar para pengunjung dapat menikmati museum adalah:

  • Paket kunjungan A berupa : Tour museum dengan pemandu, menonton film, kuis berhadiah doorprize
  • Paket kunjungan B berupa  : Tour Museum dengan pemandu, “games” terpadu, aksi teater, menonton film, kuis, “doorprize”. Pada paket ini peserta 20 anak dan akan menggunakan kostum pejuang
  • Paket kunjungan C : Menonton film perjuangan sesuai dengan pilihan pengunjung maksimal peserta 100 orang
  • Paket kunjungan D : Kunjungan biasa

 

Beberapa koleksi yang ada di museum ini berupa mobil dinas resmi yang digunakan presiden dan wakil presiden pertama RI yang dikenal dengan REP 1 dan REP 2. Mobil peristiwa pengeboman di Cikini, benda benda peninggalan para pejuang, foto foto dokumentasi dan lukisan yang menggambarkan perjuangan tahun 1945 hingga 1950-an, dan patung patung sebatas dada tokoh perjuangan.

 

How to get there :

Untuk menuju lokasi ini anda bisa menggunakan kendaran umum berupa bus nomor BS02 atau P14 turun di Tugu Tani.

Tempat terdekat :
Beberapa tempat yang bisa dikunjungi dan lokasi tidak terlau jauh dari Museum Joang ’45 adalah Plaza Indonesia, Manchester United Café & Bar dan juga Museum Sumpah Pemuda

Hotel terdekat :
Beberapa hotel yang dapat disinggahi disekitar Museum Joang ’45 diantaranya Treva International atau Hotel Sofyan Betawi

Peta Lokasi :

View Larger Map 

Info penyewaan / rental mobil bisa klik disini

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

 

Incoming search terms:

  • kostum pejuang di bekasi