Masih ingat permainan layang-layang? Mungkin saat ini permainan ini kurang begitu populer lagi. Apalagi di Jakarta yang sudah penuh sesak dengan gedung-gedung bertingkat tinggi. Mau ajak anak main layang-layang? Pasti susah ya. Gimana kalau main ke Museum Layang-Layang saja. Disana si kecil bisa mengenal layang-layang, sejarahnya, dan juga bisa diajarkan membuat layang-layang lho, seru kan!

Museum Layang-Layang ini terletak di jalan H.Kamang no. 38 Pondok Labu, Jakarta Selatan. Anda harus bersabar untuk menemukannya, karena tempatnya yang agak tersembunyi. Namun ada petunjuk jalan berwarna merah yang bertulis “Museum Layang-Layang Indonesia, 350 m” bila Anda melintas di jalan R.S. Fatmawati, Jakarta Selatan.

Anda pun jangan kaget melihat gedung museum yang kecil. Memang Museum Layang-Layang tidak sebesar museum pada layaknya, karena museum ini dikelola oleh perorangan, bukan pemerintah. Museum Layang-Layang ini adalah milik Ibu Endang Ernawati. Namun yang Anda dan keluarga bisa sangat menikmati waktu Anda di sini.

Untuk masuk ke Museum Layang-layang, Anda cukup membayar Rp. 10.000,- untuk setiap pengunjungnya (Harga tersebut adalah harga update tanggal 17 Februari 2012. Harga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kondisi). Itu sudah termasuk pertunjukan audiovisual, tour, dan juga membuat layang-layang. Murah, kan! Masih ada beberapa paket wisata lain seperti membuat keramik, membuat baitk, melukis payung, dan lain-lain. Untuk paket-paket wisata ini harga tiketnya berbeda-beda tiap paketnya. Dan setiap hasil karya kita bisa kita bawa pulang. Pasti si kecil akan sangat bangga dengan hasil karyanya.

Di dalam museum ini terdapat berbagai macam dan bentuk layang-layang. Banyak layang-layang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, Ada layang-layang wayang, tiga dimensi berupa kuda sembrani, capung, belalang, komodo, dokar, kapal, mobil, dewi Sri, naga, bahkan bangunan! Ada juga layang-layang yang khas daerah atau propinsi di Indonesia seperti Aceh, Bengkulu, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan lain-lain. Selain layang-layang hasil karya anak negeri, terdapat juga layang-layang dari luar negeri, ada yang dari Malaysia, Jepang, Korea, Kamboja, Eropa.

Dalam sesi audiovisual, Anda dan keluarga akan diajak menilik sejarah dan pembuatan layang-layang. Ada gambar layang-layang berbentuk naga yang besar ketika sedang beratraksi lho! Pasti si kecil akan terkagum-kagum melihatnya. Terakhir Anda dan keluarga akan diajarkan cara membuat layang-layang. Si kecil pasti akan merasa sangat senang berkreasi dengan ide-idenya. Perjalanan liburan Anda dan keluarga pasti akan terasa lengkap.

Peta Lokasi

 
View Larger Map

Info Pengunjung:

  • Museum Layang-Layang buka setiap hari mulai pukul 09:00 dan tutup pukul 17:00.
  • Hari libur nasional Museum Layang-layang tutup.
  • Nomor telepon Museum Layang-Layang : (021) 7658075 / 75904863

Untuk Menuju ke sana ada dua pilihan untuk Anda dan keluarga:

  • Dengan kendaraan umum: Jika Anda dan keluarga memilih transportasi umum, Anda dapat naik bus dengan jurusan Lebak Bulus yang melwati jalan Raya Fatmawati. Anda turun di depan SD Pondok Labu, dan bisa Anda lanjutkan dengan berjalan kaki, kira-kira 300 m.
  • Dengan kendaraan pribadi: Jika memilih kendaraan pribadi, Anda dapat langsung menuju jalan raya Fatmawati Jakarta Selatan. Di daerah Pondok Labu Anda sebaiknya mengurangi kecepatan kendaraan Anda dan mencari papan petunjuk ke Museum Layang-Layang.

Related/Nearest Places: Mall Gandaria City, Cilandak Town Square, FX Sudirman

Related/Nearest Hotels: The Bellezza Suites, Arion Swiss-Belhotel Kemang, The Dharmawangsa Hotel

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • museum layang-layang
  • MUSEUM LAYANG LAYANG
  • museum layang layang jakarta
  • musium layang layang
  • cara bikin layang layang
  • sejarah museum layang layang indonesia
  • musium layang-layang
  • museum layang2
  • museum layang-layang jakarta
  • layang layang wayang