museum perangko, prangkoPrangko walaupun kecil namun sangat penting dalam kaitannya pengiriman sebuah surat atau dokumen dari satu tempat ke tempat lain. Awal mulanya pengiriman urat pihak penerimalah yang harus membayar jasa pengiriman tersebut namun pada tahun 1840 salah seorang pekerja dinas Perpajakan Inggis yang bernama Sir Rowland Hill membuat prangko sebagai ganti bea pengiriman. Prangko tersebut diberi nama The Penny Black yang bergambar wajah Ratu Victoria

Prangko pertama ini menjadi salah satu koleksi Museum Prangko yang diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto pada tanggal 29 September 1983. Dengan menempati tanah seluas 9.500 meter persegi. Bangunan Museum tersebut diapit oleh dua bangunan pendukung yang berfungsi sebagai tempat penerimaan dan tempat peristirahatan, dan sisi lain dimanfaatkan sebagai kantor pos. Pada bagian depan terdapat tugu berbentuk bola dunia dengan seekor merpati yang menjadi lambing visi dan misi PT. Pos Indonesia.

museum perangko, prangkoMemasuki ruangan Museum ini ditengah tengah ruang pameran terdapat bangunan berbentuk segi delapan dan diatasnya terdapat ROSET yang mengambil dasar matahario dengan cahanya yang menyinari kedelapan arah. Dan terdapat juga patung Hanoman yang berada ditengah tengah pendopo, dimana Hanoman ini merupakan duta dharma dalam kisah pewayangan  sebagai pembawa berita sesuai dengan misi PT. Pos Indonesia.

Ruangan pameran terbagi dalam beberapa ruang penyajian :

1. Ruang Penyajian I       Sejarah Prangko Indonesia

Menyajikan hal hal yang terkait dengan budaya menulis surat, sejarah prangko baik di Indonesia maupun international. Diantaranya adalah foto bahan dan alat yang digunakan untuk menulis pada daun lontar dan juga foto Sir Rowland Hill sebagai pecetus pemakaian prangko dan juga foto prangko pertama yang bergambar “The Penny Black”. Foto kantor pos Batavia yang merupakan kantor pos pertama di Indonesia, foto prangko pertama di Belanda yang bergambar Raja Wilem III, miniature kapal perang VOC, kuda pos, kereta pos dan pedati pos, dll

2. Ruang Penyajian II     Proses Pencetakan Prangko

Menampilkan proses pencetakan prangko di Indonesia yakni tahun 1945

3. Ruang Penyajian III    Prango berdasarkan Periode Penerbitan (I)

Menyajikan koleksi prangko yang terbit mulai dari masa pemerintahan Hindia Belanda, masa pendudukan jepang, masa perang kemerdekaan dan juga masa setelah perang kemerdekaan.

4. Ruang Penyajian IV    Prango berdasarkan Periode Penerbitan (II)

Menampilkan koleksi prangko periode tahun 1950 hingga saat ini, seperti Konferensi Asia Afrika, Dekrit presiden , satelit palapa, dll.

5. Ruang Penyajian V     Koleksi Prangko Tematik (I)

Menampilkan prangko dengan tema social budaya, pariwisata, flora fauna, lingkungan hidup dan kemanusiaan.

6. Ruang Penyajian VI    Koleksi Prangko Tematik (II)

Diruangan ini ditampilkan diorama kegiatan pramuka dialam bebas. Dan koleksi prangko dengan tema olah raga dan kepramukaan. Ditampilkan pula slide mengenai penanda tanganan sampul hari pertama Prangko Jambore Interntional ke 4 di Cibubur juni 1984 oleh ibu Tien Soeharto yang mengenakan pakaian pramuka.

7. Ruang Penyajian VII  Filateli, Menampilkan diorama kegiatan filateli

 

Operasional Museum ini mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB setiap hari Selasa hingga Sabtu, sedang untuk hari mingu dan hari besar mulai pukul 08.00  WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB dan untuk hari senin museum tutup. Adapun tiket masuk lokasi sebesar Rp. 2.000, namun karena museum ini berada didalam komplek TMII maka anda dikenakan tiket masuk TMII sebesar Rp. 9.000,-. Harga tiket sewaktu waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan.

How to get there :

Museum ini berada dikomplek Taman Mini Indonesia Indah, untuk mencapai lokasi ini anda bisa menggunakan angkot umum no. 40 Turun di depan taman mini Indonesia Indah  atau bisa juga menggunakan jasa taksi dan juga kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat

Info penyewaan/rental Mobil klik disini

 

Tempat terdekat :

Beberapa tempat yang dapat dikunjungi sekaligus adalah Tamini Square, Plaza Semanggi dan Senayan City

 

Hotel terdekat :

Beberapa hotel yang dapat disinggahi antara lain Hotel Santika TMII atau Herry’s Kebagusan City Apartment
Peta Lokasi :

Lihat Peta Lebih Besar

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

Incoming search terms:

  • museum perangko
  • foto museum prangko
  • gambar daun prango
  • lokasi musuem perangko taman mini