museum pusakaMuseum Pusaka berada di jalur bagian selatan Taman Mini Indonesia Indah tepatnyadiantara Museum Keprajuritan dan Museum Serangga. Tempat ini mulai dibangun pada tanggal 1 September 1992 dan diresmikan pada tanggal 20 April 1993 oleh Presiden Soeharto. Menempati lahan seluas 3.800 meter persegi dengan total bangunan seluas 1.535 meter persegi terdiri dari dua lantai. Bangunan ini mempunyai ciri atapnya berbentuk keris yang menjulang. Museum ini dibangun dengan tujuan melestarikan, merawat, menggumpulkan serta menginformasikan benda-benda budaya berupa senjata tradisional kepada generasi penerus.

museum pusakaMuseum ini memiliki beberapa bagian ruang yang dipergunakan sebagai sarana dan pendukung sebuah museum yakni berupa ruang pameran, ruang informasi, ruang pengelola, ruang sarasehan, ruang perpustakaan, ruang konservasi, ruang preservasi, ruang bursa dan ruang cinderamata. Selain memamerkan koleksinya museum ini juga menginformasikan hal-hal mengenai pusaka, misalnya rincian pusaka, ragam bentuk, jaman pembuatan, ragam hias, berbagai pusaka khas daerah, pusaka dari jaman ke jaman, pusaka hasil temuan dan jenis kayu untuk membuatnya  serta ruang Besalen sebagai tempat empu membuat keris.

Awal mulanya koleksi museum ini merupakan milik pribadi Dra. Hj. Sri Lestari museum pusakaMas Agung, namun kemudian dihibahkan kepada Hj. Siti Hartinah Soeharto sebagai Ketua Yayasan Kita. Koleksi ditambah dengan pembelian  pusaka ke beberapa tempat sehingga koleksinya meliputi senjata tradisional dari 26 propinsi di Indonesia.

Beberapa koleksi yang sangat langka dan mempunyai legenda juga dipamerkan  di museum ini diantaranya adalah keris Nagasasra Sabuk Inten peninggalan jaman Mataram, Kujang dari jaman Pajajaran, Keris Singa Barong tinatah mas, Karih dari Sumatera, belati zaman Kerajaan Mataram, Kudi Jaman Kerajaan Tuban, Pedang jaman Sultan Hamengku Buwono IX dan keris Naga Tapa dari Yogyakarta.

Selain pameran yang merupakan agenda tetap, kegiatan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum adalah jamasan, konsultasi serta bursa pusaka bagi yang berminat memiliki koleksi benda-benda pusaka.

 

How to get There ;

Untuk menuju tempat ini Anda bisa menggunakan bus Transjakarta koridor 10 jurusan Tanjung Priok – Cililitan dan turun di Pusat Grosir Cililitan. Kemudian dilanjutkan dengan angkutan kota T02 berhenti di depan pintu masuk TMII. Jika Anda neiak Transjakarta koridor 9 jurusan Pinang-ranti Pluit, maka bisa turun di dekat Tamini Square.

 

Hotel terdekat :
Hotel terdekat yang dapat disinggahi saat berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah diantaranya adalah Hotel Santika TMII atau Herry’s Kebagusan City Apartment

Peta Lokasi  :


Lihat Peta Lebih Besar 

 Informasi penyewaan /rental mobil dengan banyak pilihan dapat di klik disini

 

 

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook

 

Incoming search terms:

  • wisata edukasi
  • pusaka presiden soeharto
  • benda pusaka soeharto
  • pusaka soeharto
  • pusaka milik suharto
  • museum pusaka tmii
  • museum pusaka taman mini
  • koleksi pusaka tradesional indonesia
  • koleksi pusaka soeharto
  • keris koleksi suharto